Supply Semen Tinggi, INTP Atur Pemasaran

- Kamis, Januari 19, 2017
saham intp
Saham INTP

INTP atau PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk. Sebagai salah satu raksasa di industri semen nasional, membentuk anak perusahaan baru (tidak langsung) bernama PT Tiro Abadi Perkasa.

Pembentukan ini terjadi pada 17 Januari 2017, dengan melibatkan pihak-pihak yang bertransaksi antara lain PT Dian Abadi Perkasa dan PT Sari Bhakti Sejati.

Sesuai laporan keterbukaan informasi yang disampaikan INTP ke BEI, kedua perusahaan yang melakukan transaksi diatas tercatat sebagai anak perusahaan INTP.

Nilai transaksi tercatat sebesar Rp 1 miliar yang dipakai sebagai dana untuk mendirikan perusahaan yang bergerak di bidang pemasaran semen dan bahan bagunan secara retail. Sumber dana yang dipakai, disebutkan berasal dari pihak internal masing-masing pihak yang bertransaksi.

Laporan yang ditandatangani oleh Corporate Secretary and Legal Affairs Division Manager, Oey Marcos, menyatakan bahwa perusahaan tersebut saat ini belum beroperasi.

Mengacu pada laporan keuangan INTP tahun 2015, besaran dana yang dipakai tidak termasuk dalam laporan keuangan tersebut.

INTP yang memiliki kantor pusat di Wisma Indocement lt 13 Jl. Jendral Sudirman Kav. 70-71 ini termasuk dalam Heidelberg Cement Group. Per tanggal 19 Januari 2017, kapitalisasinya tercatat lebih Rp 54 T.

Hingga kuartal ketiga 2016, penjualannya mencapai  Rp 11 T, dengan net profit mencapai Rp 3,15 T. Debt equity ratio INTP terbilang mini, hanya di kisaran 9,84%.

INTP terbilang emiten yang gemar membagi dividen. Tercatat 2012 membagikan dividen sebesar Rp 293, 2013 memberi Rp 450, 2014 memberi Rp 900, 2015 memberi Rp 1350 dan 2016 memberi 415.

Kepemilikan saham INTP, sebesar 51% sahamnya dikuasai oleh Birchwood Omnia Limited, Inggris. Saat ini Christian Kartawijaya tercatat sebagai presiden direktur INTP.

Sepertinya INTP perlu segera mengarahkan langkah mereka untuk tetap bisa menjual semen dalam kondisi pasar semen domestik yang over supply.
Advertisement
 

Start typing and press Enter to search