Saham SMSM, 14 Tahun Beruntun Selalu Untung

PT. Selamat Sempurna Tbk., yang merupakan member dari ADR Group, kembali merilis laporan keuangan tahunan terbarunya. Perusahaan yang berkode saham SMSM di bursa dan memiliki tagline ‘Running for growth, passion for creating value ini benar-benar berupaya secara serius menggenjot kinerjanya sepanjang 2016.

PERFORMA SMSM TAHUN 2016

Secara performa, meski telah menerapkan manajerial yang sedemikian rupa, SMSM hanya mampu meraih kenaikan penjualan 3% dibanding tahun sebelumnya. Sepanjang tahun 2016, net sales SMSM tercatat membukukan angka Rp 2,88 T. Sedangkan laba bersih berusahaan mampu tumbuh lebih baik, yaitu 6% atau senilai Rp 453 miliyar.

Meski pertumbuhan sales dan net profit ini hanya single digit, setidaknya SMSM boleh berbangga diri karena catatan ini merupakan kelanjutan dari rentetan pertumbuhan laba bersih yang tak pernah putus sepanjang 14 tahun berturut-turut, dengan kecenderungan semakin tahun semakin meningkat.

RAJIN BAGI DIVIDEN

SMSM pun terbilang tidak pelit membagi dividen kepada para pemegang saham. Dari data laporan keuangan tahun 2016 itu tercatat SMSM selalu membagi dividen tanpa putus sejak 2004. Tentu ini menjadi poin tersendiri bagi para investor yang memiliki kecenderungan suka dengan dividen.

Eddy Hartono, selaku Direktur Utama menyatakan bahwa perusahaan telah menunjukkan kinerjanya yang efektif. “Persentase kenaikan laba tahun berjalan yang lebih tinggi dibanding persentase kenaikan penjualan menunjukkan bahwa berbagai perbaikan di dalam Perseroan telah menghasilkan efisiensi internal yang berarti,” ujarnya dalam kutipan laporan keuangan tahunan 2016.

Dalam 52 minggu terakhir, harga saham SMSM berada pada rentang 830 - 1225. Pada perdagangan hari ini, Selasa 11 April 2017, SMSM ditutup pada harga 1185.

PROSPEK MASA MENDATANG

Direksi SMSM punya keyakinan, Perseroan masih memiliki prospek usaha yang baik dan akan mampu tumbuh secara berkelanjutan. Menurut dewan direksi, ini dilihat dari publikasi data para kompetitor, penjualan produk filter di pasar global diprediksi mencapai AS$50 milyar per tahun dan penjualan produk radiator sebesar 1,650,000 unit per tahun.

Jika supply and demand, nilai ini terbilang kecil. Peluang tetaplah layak untuk memperhatikan pergerakan saham SMSM, setidaknya untuk jangka menengah.(*)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel