Dibalik Spin-off Garuda Maintenance Facility Aero Asia Tbk dari Induknya

- Selasa, September 12, 2017

PT. Garuda Indonesia Tbk. (GIAA) yang selama ini mengempit 99% saham PT. Garuda Maintenance Facility Aero Asia Tbk. memutuskan melepas sebagian kepemilikannya (lebih dikenal dengan spin-off) ke publik. Sekitar 30% saham ini ditawarkan ke publik, dengan jadwal sebagai berikut :

  • Masa penawaran 11-20 September 2017

  • Penjatahan 6 Oktober 2017

  • Aktif di bursa 10 Oktober 2017




Sejujurnya, saya kali ini tak begitu fokus mengulas aksi perusahaan burung besi itu. Tapi saya ingin mengatakan kepada anda tentang konsep-konsep spin-off. Perusahaan mana pun berkesempatan dapat memisahkan anak perusahaannya. Maka itu, bila kini momennya Garuda Indonesia yang melakukannya, mungkin lain waktu perusahaan lain yang akan melakukan aksi serupa.

Jadi, supaya anda para investor bisa logis berinvestasi, daripada hanya membicarakan Garuda Indonesia saja, sebaiknya kenal dengan istilah Spin-off. Lebih awet wawasannya tentang dinamika spin-off. Menarik, bukan?

Spin-off

Mengapa sampai hati perusahaan melepas anak perusahaannya untuk mandiri? Pertanyaan inilah yang seharusnya menggelitik rasa ingin tahu anda.
Bentuk usahanya berbeda dengan bentuk usaha induk. Umumnya demikian karena difungsikan sebagai supporter bisnis perusahaan induk.

Bisnis komplementer atau pelengkap, di beberapa kasus malah ada yang membebani. Namun demikian ini tak bisa dipukul rata.
Pertimbangan pajak yang memberatkan induk, atau sebaliknya; juga dapat dijadikan alasan untuk melakukan aksi spin-off.

Pajak yang tinggi di beberapa bidang bisnis, ternyata mampu mendorong perusahaan melakukan spin-off.
Memisahkan 'borok' bisnis yang buruk.

Bila anak perusahan memiliki 'borok' dan mempengaruhi citra perusahaan induk, sangat mungkin spin-off menjadi solusi.
Menaikkan kepercayaan investor.

Investor merupakan pemangku kepentingan yang keberadaannya mempengaruhi keputusan penting bagi perusahaan. Apalagi investor strategis. Perusahaan tentu memperhatikan investor dengan berusaha memberikan kinerja yang ideal.
Etc.... (silakan tambahkan sendiri bila anda punya sudut pandang dan pengetahuan yang lain.

So what next?

Bila anda kali ini menangkap ada sesuatu yang menurut pengamatan anda cukup bernilai mengerek naik investasi anda di pasar saham, silakan saja bila anda ingin mengikuti spin-off Garuda Maintenance. Tapi bila menurut anda ada sesuatu yang 'unik' dari aksi ini, silakan melakukan riset terhadap emiten lain.

Semoga ulasan ini memberi gambaran ringkas tentang aksi spin-off. Bila bermanfaat, silakan share tulisan ini ke kolega anda, GRATIS...:)
Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search