Langsung ke konten utama

MEIKARTA, Mega Proyek Lippo Senilai Rp 278 T

Meikarta is The New Jakarta

meikarta

Proyek yang diberi label Meikarta akan menjadi pekerjaan baru bagi Lippo Grup. Proyek yang bernilai Rp 278 T atau sekitar $ 20 miliyar ini digadang-gadang akan menjadi 'New Jakarta' di wilayah Cikarang.

Lippo Grup optimis bahwa proyek ini akan mampu memberi jalan bagi ambisinya menjadikan Meikarta sebagai kesuksesan karena infrastruktur paling lengkap di Asia Tenggara, sekaligus menjadi pusat perekonomian Indonesia.

Perlu anda ketahui, ini merupakan investasi Lippo terbesar yang pernah dikerjakan selama 67 tahun sejarah berdirinya Lippo Grup. Sebelumnya, Lippo Grup pernah menggarap konsep proyek serupa di China dan Korea Selatan.

Infrastruktur penting yang tengah dibangun pemerintah dipastikan terhubung dengan mega proyek Meikarta ini. Sebut saja kereta cepat Jakarta-Bekasi-Cikarang-Bandung yang bernilai Rp65 triliun, Pelabuhan Patimban senilai Rp40 triliun, dan ruas jalan tol Jakarta-Cikampek Elevated Highway senilai Rp16 triliun.

Lalu Bandar Udara Internasional Kertajati yang bernilai Rp23 triliun, serta kereta api Monorail yang akan menyatukan tujuh kota di sekitar Meikarta. Tentu saja ini menjadi jaminan bagi kenyamanan karena fasilitas yang lengkap.

Land bank Lippo siap untuk sokong Meikarta

Sampai saat ini, darimana sumber pendanaan bagi mega proyek Meikarta ini, pihak Lippo masih belum dipaparkannya secara gamblang. Namun demikian, mengutip dari Nikkei Asian Review, Lippo telah memberi gambaran bahwa proyek Meikarta ini akan dikerjakan dalam rentang 5 - 7 tahun, dengan pembagian 2 fase.

Fase pertama, pembangunan diperkirakan akan menyasar 2200 hektar lahan yang targetnya selesai dalam 3 - 5 tahun kedepan. James Riady, Chief Executive Lippo Grup, memaparkan bahwa saat ini Lippo Cikarang sebagai salah satu perusahaan Lippo Grup memiliki land bank di area ini seluas 5000 hektar.

"Dalam 10 tahun ke depan, kawasan ini akan menjadi area yang paling pesat pertumbuhannya karena Meikarta terhubung dengan pusat perekonomian saat ini, Bekasi-Cikarang," ujar James pada 4 Mei 2017. Pada kesempatan tersebut, James juga menyinggung bahwa Meikarta ini nantinya akan mampu menjadi 'Shenzen of Indonesia'.

Presiden Meikarta, Ketut Budi Widjaja  menyatakan "Kami senang mendapatkan dukungan pemda dan kesempatan ikut membangun sesuatu yang unik bagi bangsa dan masyarakat kita."

Gurita Usaha Lippo Group

Lippo Grup memiliki bisnis Residential dan Pembangunan Perkotaan, Rumah Sakit, Mal, Hotel & Leisure serta Asset Management. 

Barangkali kita saat ini lebih familiar dengan Rumah Sakit Siloam, Matahari Department Store, MatahariMall.com, Hypermart, Timezone, Times, Bookstore dan Cinema XXI, Lippo Village, Lippo Cikarang, Tanjung Bunga Makassar, San Diego Hills Memorial Park, Kemang Village, St. Moritz, City of Tomorrow Surabaya, Park View Apartments, Nine Residence, Holland Village, Embarcadero Suites, Millenium Village, Orange Country Lippo Cikarang, Monaco Bay Manado, Lippo Thamrin, Lippo Tower Holland Village, Aryaduta Hotels, First REIT, Lippo Malls Indonesia Retail TRUST (LMIR TRUST), UPH, Berita Satu, Jakarta Globe, Grab, Suara Pembaruan, Investor Daily, The Peak Singapura, Bride Story, Link Net, BIG TV, First Media, VisioNet, Lippo Bank, dan mungkin masih banyak lagi yang belum saya ketahui hari ini.

Layak dinantikan gebrakan dari Grup Lippo di Meikarta!

Berikut beberapa perusahaan Lippo Grup yang sudah go publik. Mohon diralat atau ditambahkan bila ada yang kurang.


  1. PT. Lippo Karawaci Tbk.


  2. PT. Lippo Cikarang Tbk.


  3. PT. Siloam Hospital Tbk.


  4. PT Multipolar Tbk.


  5. PT Multifiling Mitra Indonesia Tbk.


  6. PT Matahari Department Store Tbk.


  7. PT. Matahari Putra Prima Tbk.



Postingan populer dari blog ini

Pengertian Debt to Equity Ratio (DER)

Pengertian Debt to Equity Ratio (DER) - Debt to Equity Ratio (DER) adalah perhitungan rasio keuangan yang menunjukan perbandingan antara equity dan debt.

Satuannya sering disebutkan dalam persen (%) atau ‘kali’. Debt to Equity Ratio ini sering disebut leverage ratio karena dapat diasumsikan untuk mengukur keberhasilan investasi suatu perusahaan.

Secara teori, DER yang lebih dari 100% termasuk kurang baik. Semakin besar DER beban perusahaan semakin berat, sehingga dapat menghambat laju perusahaan.

Debt to Equity Ratio (DER) merupakan rasio keuangan utama dan menjadi indicator kesehatan keuangan perusahaan.

Kenapa DER Penting?DER merupakan ukuran perusahaan melunasi kewajiban atau liability. Apabila kewajibannya sangat besar, maka keuntungan yang masuk, boleh jadi akan tergerus dengan kewajiban yang wajib dibayarkan.  DER ini merupakan idikator utama ketika anda ingin mengetahui kesehatan keuangan perusahaan.Meningkatnya nilai DER dalam kurun waktu tertentu menandakan bahwa perusahaan …

Kisah Sukses Trading Saham Indonesia yang Menginspirasi

Sukses trading saham di Indonesia ini bisa dilakukan siapa saja dan dimana saja. Profesi apapun, tak menjadi batasan bagi yang ingin sukses di saham. Banyak kisah yang telah terjadi di beberapa tempat di Indonesia terkait sukses para trader saham ini.

Kisah-kisah tersebut barangkali saja dapat menjadi inspirasi bagi anda yang butuh motivasi terkait pemahaman tentang dunia pasar modal, terutama dunia tentang saham.

Kisah-kisah Sukses Investor yang Trading Saham Indonesia Kisah-kisah yang akan diulas disini, selain membicarakan keberhasilan para pelaku trading saham maupun pelaku investasi di pasar saham, juga membicarakan tentang upaya-upaya lebih baik dari pada kebanyakan orang di pasar modal Indonesia.

Semoga kisah-kisah yang disampaikan dapat mendorong minat anda yang membaca Tulisan ini ada untuk mencontoh cara-cara cerdas yang mereka lakukan.

Sukur-sukur di kemudia hari anda dapat melampaui pencapaian mereka saat ini. Saya percaya bahwa siapapun anda, tentu memiliki peluang untuk …

Rumus ROA (Return On Assets) dan Pengertiannya

Mengukur Efek ROA bagi Investasi Saham Rumus ROA (Return On Assets) ini menggambarkan keberhasilan manajemen sebuah perusahaan dalam menghasilkan return laba secara keseluruhan.

Caranya dengan membandingkan return laba sebelum pajak dengan total aset. Rumus ROA ini juga mengambarkan perputaran aset yang diukur dari volume penjualan.

Semakin besar hasil perhitungan menggunakan rumus ini pada suatu perusahaan, juga semakin besar pula tingkat keuntungan yang dicapai perusahaan tersebut.

Artinya semakin baik pula kinerja perusahaan tersebut dari penggunaan aset, baik itu asset yang berupa ekuitas maupun asset yang berupa liabilitas.


Sebaliknya, semakin kecil rasio perhitungan ini, dapat mengindikasikan kurangnya kemampuan manajemen perusahaan.

Maksudnya dalam hal mengelola assets perusahaan untuk meningkatkan earning, sekaligus menekan cost pengeluaran.

Hasil perhitungan rumus ini merupakan rasio yang menunjukkan kemampuan manajemen perusahaan dalam meningkatkan keuntungan perusahaan.

Dar…