Tukang Leding di Pasar Saham, Memangnya Ada?

Investasi yang super dan dapat mempertahankan growth yang konsisten di pasar saham  membutuhkan analisis yang super pula. Ketajaman inves...


Investasi yang super dan dapat mempertahankan growth yang konsisten di pasar saham membutuhkan analisis yang super pula. Ketajaman investor melihat nilai intrinsik saham, akan membawanya kepada pengalaman-pengalaman baru yang akan membuatnya semakin mumpuni. 



Secara simpel, kemampuan melihat nilai intrinsik saham melibatkan ‘nilai sebenarnya’ dan berapa saat ini pasar menghargai saham tersebut.

Saya ingat sekali seperti apa kisah fiktif tentang tukang leding yang ahli memperbaiki saluran air yang rusak. Saking ahlinya, dia bekerja sangat efisien. Pernah suatu ketika pelanggannya bertanya padanya tentang biaya yang harus dibayar. “Biayanya berapa?” tanya pelanggan tersebut. “Rp 1 juta,” jawab tukang leding lugas. “Astaga, kenapa mahal sekali? Kau kan hanya menyambung satu pipa yang bocor itu!” pelanggan tersebut kaget. “Begini tuan, biaya menyambung pipanya tidak seberapa. Itu hanya perlu Rp 50 ribu. Pekerjaan saya inilah yang mahal, sebab saya tahu letak pipa mana yang bocor dan musti cepat-cepat diperbaiki.”

Kisah fiktif ini sepertinya analog dengan dunia pasar saham. Betapa tidak, banyak orang yang berkecimpung di pasar saham selalu berusaha membeli saham di harga yang tepat, lalu berharap segera naik harga sahamnya. Kenyataannya, tak semua orang mampu melakukan pekerjaan tersebut secara efisien. Kenapa bisa demikian? Sebabnya ya itu tadi, tak banyak yang tahu ‘dimana letak yang bocor’. Padahal bila orang-orang ini mengasah kemampuannya secara terus menerus dan sistematis, peluang untuk dapat memiliki kemampuan menentukan ‘titik mana yang bocor’ akan dapat dimilikinya.

Lalu bagaimana bagi kebanyakan orang yang tak mau mengasah kemampuannya? Saya kira kondisinya tak ubah seperti pelanggan yang pipanya rusak yang sudah saya sebutkan diatas. Mereka lebih suka mengandalkan orang lain, meski membayar mahal. Padahal orang lain yang diandalkannya itu sadar tak memiliki peluang perfect 100% seperti yang diharapkan oleh penanya. Penanya pun juga mengetahui bila ada ‘disclaimer on’ yang diberlakukan terhadap seluruh jawaban-jawaban dari setiap pertanyaan yang diajukannya. Betapa banyak grup chatting hari ini yang memungkinkan anda mendapati kondisi ini, kan?

Coba tenangkan diri anda sejenak. Pikirkan baik-baik investasi anda dengan lebih logis lagi. Saya sendiri punya satu kalimat pertanyaan yang pernah saya peroleh dari membaca buku tentang investasi. Begini ‘Bila itu (maksud saya rekomendasi) dapat berguna, kenapa tak disimpan untuk investasinya?’

Sebaliknya, apabila anda belajar dengan keras, peluang untuk menempatkan uang anda pada saham-saham yang memiliki nilai intrinsik menarik akan semakin terbuka. 

Bagaimana caranya?

Caranya, baca.... baca.... baca.... Terkesan klasik dan menjemukan, kan? Saya sepakat bila membaca merupakan aktiitas yang terkesan menjemukan. Tapi bila ini diselaraskan dengan keputusan-keputusan investasi anda di masa lalu, terutama yang salah, akan mampu menjadi trigger bagi anda untuk menikmati aktifitas yang sebenarnya menyenangkan. Membaca, satu skill khusus yang telah anda miliki, bukan?

Dengan terus membaca, anda akan punya ketajaman membandingkan antara risiko rugi dan potensi untung. Inilah sebenarnya dasar yang sangat kuat dijadikan pondasi berinvestasi. Ya, RISIKO vs UNTUNG.

Selanjutnya, anda akan berkembang terus setiap harinya. Anda juga akan dapat berjumpa dengan situasi unik, dimana anda akan mendapati orang-orang terbawa arus menjauhi titik logis (nilai intrinsik saham). Ada kalanya menjauhnya itu naik ke atas dan terus ke atas, atau sebaliknyasemakin nyungsep ke bawah. Bila dicermati, secara perlahan atau pun cepat, kondisi harga akan berusaha menuju titik logisnya.

Nah, disinilah uniknya. Anda akan senyum-senyum dengan situasi unik itu. Tapi anda akan tetap mampu memetik hasil investasi yang tetap menarik dengan mengandalkan pengamatan anda. Sebab siapa pun anda, peluangnya sama untuk bisa memiliki kemampuan yang efektif dalam 'memprediksi pipa yang bocor' dan menjadi 'tukang leding' di pasar saham.

Happy week end and happy investing.

COMMENTS

Nama

AISA,1,AKRA,1,beton,1,Dasar,3,dasar-dasar saham,9,ekonomi global,1,fundamental,9,harga cpo,1,investasi,23,konstruksi,1,medc,1,migas,1,Minyak,1,Newbie,3,precast,1,saham,37,saham bumi,1,semen,1,teori dasar,2,trading saham,2,value investing,10,wsbp,1,
ltr
item
Yekti Sulistiyo: Tukang Leding di Pasar Saham, Memangnya Ada?
Tukang Leding di Pasar Saham, Memangnya Ada?
https://3.bp.blogspot.com/-37S9NNl8jMg/WcyfMrmHMNI/AAAAAAAAADs/YQkZDVxJRZ4VLswpmtn8PiVDwuSlbawyACLcBGAs/s320/yekti-sulistiyo.com%2B-%2Btukang%2Bleding%2Bdi%2Bbursa.JPG
https://3.bp.blogspot.com/-37S9NNl8jMg/WcyfMrmHMNI/AAAAAAAAADs/YQkZDVxJRZ4VLswpmtn8PiVDwuSlbawyACLcBGAs/s72-c/yekti-sulistiyo.com%2B-%2Btukang%2Bleding%2Bdi%2Bbursa.JPG
Yekti Sulistiyo
https://www.yekti-sulistiyo.com/2017/09/tukang-leding-di-pasar-saham-memangnya.html
https://www.yekti-sulistiyo.com/
https://www.yekti-sulistiyo.com/
https://www.yekti-sulistiyo.com/2017/09/tukang-leding-di-pasar-saham-memangnya.html
true
2137033282130323519
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy