Langsung ke konten utama

Cara Investasi Saham yang Menguntungkan

cara investasi saham

Cara Investasi Saham yang Menguntungkan - Saham merupakan sarana investasi yang menggiurkan. Potensi profitnya sangat tinggi, meskipun risikonya juga tinggi. Tapi apabila anda tahu cara investasi saham yang benar, anda dapat menekan risiko sekaligus meningkatkan peluang profitnya.

Bagaimana cara berinvestasi saham di Bursa Efek Indonesia yang benar? Mari kita simak penjelasannya. Kita akan coba lihat seperti apa sebenarnya fenomena terkait hal yang tak banyak disentuh oleh mayoritas orang di Indonesia ini.

Peluang Profit Investasi Saham yang Menggiurkan

Mula-mula mari kita lihat potensi keuntungan apabila berinvestasi saham. Sepanjang tahun 2017 lalu,  terhitung dari periode 1 Januari 2017 hingga 31 Desember 2017, mengalami kenaikan yang fantastis.

Saham perusahaan-perusahaan terbaik 2017 yang masuk kategori LQ45 atau 45 perusahaan paling liquid di Indonesia, adalah sebagai berikut:
  1. Top 1 LQ45 tahun 2017, PT. Barito Pacific Tbk berkode BRPT, harga saham naik 207%. 
  2. Top 2 ada PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk dengan kode BBTN, saham naik 106%. 
  3. Top 3 ada PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk berkode BBNI, sahamnya naik 76,9%. 
  4. Top 4 ada PT. Sri Rejeki Isman Tbk atau SRIL, harga saham naik 61,7%. 
  5. Sedangkan Top 5 ada PT. United Tractors Tbk atau UNTR yang sahamnya naik 60,7%.


Tentu saja kenaikan 5 saham dari perusahaan-perusahaan diatas sangat jomplang apabila dibandingkan dengan imbal hasil apabila anda berinvestasi di deposito. Umumnya deposito bank memberi anda imbal hasil sekitar 7% setahun. Jauh lebih rendah daripada return kenaikan harga saham BRPT yang mencapai 207%....!

fee manajer investasi

Pengertian Investor Saham

Secara sederhana, pengertian investor saham adalah orang-orang yang berinvestasi di pasar saham. Para investor saham inilah yang berpeluang besar mereguk keuntungan dari kenaikan harga-harga saham perusahaan yang kinerjanya cemerlang.

Selain individu, investor saham umumnya adalah para manajer investasi yang mengelola uang berjumlah besar. Uang tersebut dihimpun oleh lembaga-lembaga di industri keuangan.

Investor Individu VS Manager Investasi

Jadi, apabila anda ingin mengelola uang anda sendiri di pasar saham, silakan membuka rekening di pasar saham. Caranya dengan membuka akun pasar saham melalui sekuritas pilihan anda. Tapi apabila anda termasuk kategori awam tentang pasar modal, atau pun termasuk kategori professional yang super sibuk dan tidak ada waktu mengelola uang di saham, silakan menggunakan jasa manager investasi kepercayaan anda.

Apabila anda menggunakan jasa manajer investasi untuk mengelola uang anda, jelas saja anda butuh biaya sebagai fee bagi manajer investasi. Tapi apabila anda kelola sendiri, maka anda musti meluangkan waktu yang anda miliki.

Dari segi risiko investasi, meskipun diatas diuraikan 5 perusahaan yang sahamnya moncer, faktanya ada juga perusahaan-perusahaan yang harga sahamnya jatuh dan tak layak untuk investasi saham.

Nah, disinilah diuji kejelian anda, baik sebagai manajer investasi maupun investor saham individu, dalam mengelola uang di bursa saham Indonesia. Apabila anda jeli, maka investasi saham akan menguntungkan.

bi rate
Contoh BI Rate

Saham Potensial Tahun 2018

Bila anda menyerahkan uang anda untuk dikelola manajer investasi, anda tak perlu repot-repot melakukan riset pasar untuk mencari saham-saham yang layak dikoleksi sebagai investasi. Anda cukup bayar manajer investasi, masalah selesai.

Ya, anda musti bayar meskipun saham yang dibeli naik atau turun. Seperti itulah realitanya. Makanya, carilah manajer investasi yang terbukti menguntungkan.

Tapi bila anda kelola uang anda sendiri, maka anda harus mencari sendiri saham-saham yang potensial naik untuk jangka waktu tertentu. Misalnya tahun 2018, saham potensial naik di tahun 2018 ini adalah saham perusahaan apa? Sektor yang menarik di tahun 2018 ini adalah sektor apa?

Kemudian pengaruh pasar global bagi pasar saham Indonesia akan bagaimana? Dan seterusnya, semua musti anda lakukan riset sesuai dengan gaya anda sendiri.

Peluang Sektor Infrastruktur

Apabila melihat prospektus tahun 2018 ini, sepertinya pemerintah masih menggenjot mega proyek infrastruktur. Dengan mengamati pemenang-pemenang tender dari proyek-proyek raksasa dari pemerintah, kemungkinan besar anda akan menuai hasil positif. Tentu saja anda tak bisa mengabaikan momentum masuk ke pasar.

Ya, momentum masuk ke pasar dan membeli saham, sangat erat kaitannya dengan analisa teknikal. Konsepnya sederhana, membeli saham di harga rendah, menjual saham di harga tinggi. Seperti itulah manfaat mengetahui momentum dengan mengandalkan analisa teknikal.

Peluang di Tahun Politik

Apakah hanya saham-saham dari sektor infrastruktur? Tentu saja jawabannya sangat dinamis. Mengingat tahun 2018 adalah tahun politik, sektor advertising sepertinya juga menarik, meski dalam jangka pendek.

tahun politik

Saham Jangka Pendek

Investasi di pasar saham umumnya memiliki term atau jangka waktu yang menengah atau jangka panjang. Tapi apakah berinvestasi saham itu hanya untuk jangka menengah atau jangka panjang saja?

Bagaimana bila ingin membeli saham jangka pendek? Tentu saja bisa. Bila membeli saham, lalu menjualnya dalam jangka pendek, ini adalah prilaku para trader saham. Jadi sulit untuk dikategorikan sebagai investasi saham.

Lalu apakah trading saham dalam jangka pendek itu bisa menguntungkan? Jawabannya bisa ya bisa tidak. Beberapa orang bisa sangat berhasil dengan teknik trading saham, tapi tak sedikit juga orang gagal trading saham.

Kenapa bisa demikian? Umumnya mereka yang sukses trading saham memiliki senjata ampuh berupa disiplin yang baik, money manajemen yang baik, serta trading plan yang baik. Tanpa itu, sering kali mereka yang nekat perang tanpa membawa senjata yang disebutkan diatas, akan tumbang dengan sendirinya.

Sekarang ini marak diselenggarakan bimbingan trading saham. Diamana-mana ada seminarnya. Pesertanya antri bukan main. Kebanyakan orang awam, yang di benaknya mengira bahwa bisa instant sukses trading saham hanya dengan mengikuti seminar yang durasinya sangat singkat.

Dari pengetahuan saya selama ini, orang-orang yang sukses trading saham dalam jangka pendek, hamper tidak ada. Mungkin banyak orang yang sukses membeli saham hari ini, lalu esok hari untung banyak dan dijual sahamnya.

Tapi bila ditelisik lebih mendalam, mereka mencapai titik dengan kemampuan tersebut setelah berjibaku sekian tahun di pasar saham. Akumulasi pengalaman trading itulah yang membentuk keahlian trading. Jadi, jam terbang yang membuktikan.
Bila ada yang bisa trading jangka pendek, tapi minim pengalaman, percayalah itu kebetulan. Bukan keahlian.
trading saham jangka pendek

 Program BEI : Yuk Nabung Saham

Baru-baru ini BEI merilis program Yuk Nabung Saham. Selain untuk mengembangkan pasar modal Indonesia, program ini diharapkan juga mampu mengedukasi warga masyarakat yang tertarik dengan pasar modal.

Tentu saja bila banyak orang yang berinvestasi di pasar modal, kekuatan domestik akan semakin kuat dan tidak mudah digoyah oleh investor asing yang menanamkan uangnya di pasar saham Indonesia.

Program Yuk Nabung Saham yang telah diluncurkan sejak 12 November 2015 ini terbilang berhasil menambah jumlah investor di pasar modal. Jelas pesertanya diharapkan membeli saham. Namun para penabung saham ini diharapkan membeli saham dalam jangka waktu panjang dan membeli terus menerus secara berkala.

Bukan sebagai trader saham yang membeli dan menjual dalam waktu pendek atau bahkan sangat pendek sekali.

Jam Perdagangan Saham di BEI
Jam Perdagangan Saham di BEI

Postingan populer dari blog ini

Pengertian Debt to Equity Ratio (DER)

Pengertian Debt to Equity Ratio (DER) - Debt to Equity Ratio (DER) adalah perhitungan rasio keuangan yang menunjukan perbandingan antara equity dan debt.

Satuannya sering disebutkan dalam persen (%) atau ‘kali’. Debt to Equity Ratio ini sering disebut leverage ratio karena dapat diasumsikan untuk mengukur keberhasilan investasi suatu perusahaan.

Secara teori, DER yang lebih dari 100% termasuk kurang baik. Semakin besar DER beban perusahaan semakin berat, sehingga dapat menghambat laju perusahaan.

Debt to Equity Ratio (DER) merupakan rasio keuangan utama dan menjadi indicator kesehatan keuangan perusahaan.

Kenapa DER Penting?DER merupakan ukuran perusahaan melunasi kewajiban atau liability. Apabila kewajibannya sangat besar, maka keuntungan yang masuk, boleh jadi akan tergerus dengan kewajiban yang wajib dibayarkan.  DER ini merupakan idikator utama ketika anda ingin mengetahui kesehatan keuangan perusahaan.Meningkatnya nilai DER dalam kurun waktu tertentu menandakan bahwa perusahaan …

Kisah Sukses Trading Saham Indonesia yang Menginspirasi

Sukses trading saham di Indonesia ini bisa dilakukan siapa saja dan dimana saja. Profesi apapun, tak menjadi batasan bagi yang ingin sukses di saham. Banyak kisah yang telah terjadi di beberapa tempat di Indonesia terkait sukses para trader saham ini.

Kisah-kisah tersebut barangkali saja dapat menjadi inspirasi bagi anda yang butuh motivasi terkait pemahaman tentang dunia pasar modal, terutama dunia tentang saham.

Kisah-kisah Sukses Investor yang Trading Saham Indonesia Kisah-kisah yang akan diulas disini, selain membicarakan keberhasilan para pelaku trading saham maupun pelaku investasi di pasar saham, juga membicarakan tentang upaya-upaya lebih baik dari pada kebanyakan orang di pasar modal Indonesia.

Semoga kisah-kisah yang disampaikan dapat mendorong minat anda yang membaca Tulisan ini ada untuk mencontoh cara-cara cerdas yang mereka lakukan.

Sukur-sukur di kemudia hari anda dapat melampaui pencapaian mereka saat ini. Saya percaya bahwa siapapun anda, tentu memiliki peluang untuk …

Rumus ROA (Return On Assets) dan Pengertiannya

Mengukur Efek ROA bagi Investasi Saham Rumus ROA (Return On Assets) ini menggambarkan keberhasilan manajemen sebuah perusahaan dalam menghasilkan return laba secara keseluruhan.

Caranya dengan membandingkan return laba sebelum pajak dengan total aset. Rumus ROA ini juga mengambarkan perputaran aset yang diukur dari volume penjualan.

Semakin besar hasil perhitungan menggunakan rumus ini pada suatu perusahaan, juga semakin besar pula tingkat keuntungan yang dicapai perusahaan tersebut.

Artinya semakin baik pula kinerja perusahaan tersebut dari penggunaan aset, baik itu asset yang berupa ekuitas maupun asset yang berupa liabilitas.


Sebaliknya, semakin kecil rasio perhitungan ini, dapat mengindikasikan kurangnya kemampuan manajemen perusahaan.

Maksudnya dalam hal mengelola assets perusahaan untuk meningkatkan earning, sekaligus menekan cost pengeluaran.

Hasil perhitungan rumus ini merupakan rasio yang menunjukkan kemampuan manajemen perusahaan dalam meningkatkan keuntungan perusahaan.

Dar…