Saham BUMI Saham Sejuta Umat, Benarkah Demikian?

Saham BUMI merupakan saham perusahaan bidang batubara yang sangat terkenal di dunia. BUMI tumbuh pesat dibarengi dengan peningkatan produksi batubara yang begitu tinggi. Sebenarnya seperti apakah saham dari Bakrie Grup ini bisa sedemikian terkenal di seluruh dunia?

saham BUMI dan batubara kalimantan

Saham BUMI merupakan saham perusahaan bidang batubara yang sangat terkenal di dunia. Wikipedia pun memberikan pembenaran terkait hal itu. "PT Bumi Resources Tbk or Bumi Resources is one of the largest mining companies in Indonesia structured as a holding company . It is reputedly the biggest thermal coal producer in Indonesia and is majority owned by the Bakrie Group," demikian kutipan dari laman Wikipedia tersebut terkait PT Bumi Resources Tbk yang memiliki kode BUMI di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Sejarah PT. Bumi Resources Tbk

Sebenarnya seperti apakah saham dari Bakrie Grup ini bisa sedemikian terkenal di seluruh dunia? Kami coba sajikan kepada anda semua. Berdiri pada tanggal 26 Juni 1973 dengan nama PT Bumi Modern, awalnya bergerak industri perhotelan dan pariwisata. BUMI kemudian bertransformasi menjadi perusahaan yang bergerak di bidang minyak, gas alam dan pertambangan di tahun 1998, setelah sebelumnya merealisasikan penawaran umum perdana di tahun 1990.

Pada masa berikutnya, BUMI tumbuh pesat dibarengi dengan peningkatan produksi batubara yang begitu tinggi. Peningkatan produksi Bumi Resources itu juga membutuhkan pendanaan yang tidak sedikit. Tapi ketika itu upaya pembiayaan perusahaan sangat kuat. Manajemen perusahaan pun optimis menerapkan pertumbuhan yang berkelanjutan.

Tonggak sejarah peralihan bisnis perhotelan dan pariwisata beralih menjadi perusahaan bidang batubara, minyak dan gas alam terjadi pada tahun 1998. Ini ditandai dengan RUPS LB atau rapat umum pemegang saham luar biasa yang disepakati para pemegang saham.

Berdasarkan SK Menteri Kehakiman RI No. C-21041 HT.01.04.TH2000, tertanggal 20 September 2000, nama perusahaan berubah dari PT Bumi Modern Tbk. menjadi PT Bumi Resources Tbk. Hal ini merupakan bukti legal operasional perusahaan yang siap berkembang dengan pesat.

saham bumi dan arutmin indonesia
PT Arutmin Indonesia
BUMI semakin besar setelah mengakuisisi perusahaan tambang batubara terbesar keempat, PT Arutmin Indonesia pada tahun 2001. Tak berhenti disitu, pencaplokan perusahaan terus saja berlanjut.

Tahun 2003, tepatnya bulan Oktober, Bumi Resources membeli 100% saham PT Kaltim Prima Coal atau KPC yang ketika itu merupakan produsen batubara terbesar di Indonesia. Di tahun ini juga ada dua perusahaan lain yang diambil alih, yaitu Sangatta Holdings Ltd (SHL) dan Kalimantan Coal Ltd (KCL).

Ekspansi saham BUMI ternyata sangat massif, bukan hanya di dalam negeri. Meski tahun 2008 muncul krisis global yang dipicu oleh peristiwa Lehman Brothers di Amerika sana, nyatanya malah BUMI berhasil membeli Herald Resources Ltd Australia senilai AU$552 juta.

China Investment Corporation (CIC) masuk ke BUMI tahun 2009 dengan membenamkan investasinya hingga mencapai angka yang cukup fantastis, US$1.9 miliar dalam bentuk instrument hutang. Dana ini memiliki 12% cash coupon per tahun.

Dana ini pun dipakai BUMI Resources untuk merestrukturisasi hutang dan juga untuk capital expenditure (capex) atau belanja modal. Pada 2011 perusahaan ini membayar cicilan hutangnya kepada CIC sebesar US$600 juta. Padahal seharusnya menurut klaim perusahaan, cicilan tersebut jatuh tempo 2 tahun kemudian atau tahun 2013. Jadi hutang ini dibayarkan 2 tahun lebih awal dari kesepakatan bersama.

#Bakrie Grup VS Nat Rothschild

Seiring perjalanan waktu, tantangan bisnis batubara semakin berat. Selain penurunan harga saham yang sangat signifikan, berbagai persoalan lain yang tak kalah berat pun dihadapi perusahaan batubara ini. Dunia tentu ingat kasus pertikaian Grup Bakrie dengan pengusaha asal Inggris, Nat Rothschild.

nat rothschild bakrie group vallar plc bumi plc
Nat Rothschild

Nat sudah punya perusahaan investasi bernama Vallar PLC. Perusahaan ini berkongsi dengan Bumi Resources Tbk yang listing dengan kode BUMI. Pada bulan November 2010, perusahaan Vallar mengakuisisi 75% kepemilikan saham Berau Coal dan juga 25% kepemilikan saham Bumi Resources.

Nilainya mencapai angka US$ 3 miliar. Nama Vallar pun berubah menjadi Bumi PLC karena kerjasama tersebut.

Ketika ini terjadi, Grup Bakrie menjadi pemegang saham mayoritas di perusahaan gabungan Bumi PLC tersebut. Bakrie Grup pun  dan berhak mengendalikan perusahaan karena menjadi pemegang saham mayoritas.

Hal itu memungkinkan Bakrie Grup memilih dan menetapkan eksekutif-eksekutif yang punya fungsi vital di jajaran petinggi Bumi PLC.

Perseteruan mulai memanas manakala Nat Rothschild merasa tidak sependapat dengan kebijakan-kebijakan perusahaan. Nat yang ketika itu hanya mengempit saham BUMI PLC sebanyak 11%, mulai melancarkan kritikan.

Terutama yang paling keras terkait pembayaran hutang perusahaan ke China Investment Corporation (CIC) yang nilainya mencapai US$ 600 juta. Wajar saja bila Nat berpendapat bahwa sebaiknya pembayaran hutang disesuaikan dengan klausul jatuh temponya, bukan dipercepat.

Tidak puas dengan kebijakan itu, Nat Rothschild terus melancarkan isu-isu negatif bagi Grup Bakrie. Nat juga merasa bahwa perusahaan tambang yang banyak utang itu sebaiknya melunasi hutang kepada Bumi PLC terlebih dahulu.

Jumlahnya pun cukup besar, mencapai US$ 500 juta. Tak sampai disitu saja, Nat menyebarkan isu default emiten BNBR, salah satu perusahaan Grup Bakrie.

Akibat dari isu-isu negatif yang terus dilontarkan Nat, sahamnya perusahaan tambang milik Bakrie Grup itu turun tajam. Sebagaimana diketahui saham BUMI terimbas sampai menyentuh harga dasar, 50. Meski saat ini ditulis, saham BUMI menunjukkan pergerakan di kisaran 300-an.

saham bumi turun
Truk Pengangkut batubara

Kembali ke konflik BUMI vs Nat Rothschild, Nat semakin gencar berupaya untuk menguasai Bumi PLC. Nat pun juga berupaya mendepak Grup Bakrie dari sana. Grup Bakrie tidak mau menjual kepemilikan mayoritas kepada Nat Rothschild.

Grup Bakrie lebih memilih menjual 23,8% saham Bumi PLC ke pihak lain. Adalah Samin Tan, pengusaha yang juga pemilik PT Borneo Lumbung Energy Tbk yang punya kode listing  BORN di BEI. Transaksi jumbo yang nilainya mencapai sekitar Rp 8,5 triliun ini termasuk transaksi yang cukup menarik, mengingat antara Bakrie dan Samin Tan merupakan tokoh besar di Indonesia.

Transaksi ini semakin membuat Rothschild berang. Dirinya merasa dipecundangi Grup Bakrie. Nat jelas sekali tidak mau terima dengan tindakan Grup Bakrie. Nat minta dilaksanakan perubahan dewan direksi dan juga jajaran komisaris Bumi PLC. Lagi-lagi upaya Nat mentok karena pemegang saham mayoritas menolak usulannya.

Grup Bakrie malah melakukan lagi upaya yang bertentangan dengan harapan Nat dengan melepas saham yang dimiliki secara tak langsung. Jumlahnya cukup besar, yaitu 57 juta lembar saham yang berada di Bumi PLC. Ini setara dengan 23,8% dari total modal yang ditempatkan.

Langkah Bakrie Grup melepas saham tak langsung ini caranya adalah dengan menukar saham-saham itu dengan 2,3 miliar lembar saham yang setara dengan 10,3% saham BUMI yang dimiliki Bumi PLC. Bumi PLC dapat menjual sisanya yang berjumlah 3,9 miliar lembar saham BUMI yang setara dengan 18,9% ke Grup Bakrie. Nilainya jumbo, US$ 278 juta dan dibayar tunai!

#Dampak Konflik Nat Rothschild vs Bakrie Group

Saham-saham perusahaan Bakrie Grup yang listing di Bursa Efek Indonesia sangat terdampak dari perseteruan dengan Rothschild ini. Bahkan beberapa saham hingga saat ini masih menempel di angka terendah, yaitu 50 per lembar.

Saham BUMI juga sempat beberapa bulan menghuni dasar harga, meski kini mulai naik. Namun demikian Saham BUMI masih sangat jauh dari harga terbaiknya di kisaran 8750!

saham bumi chart 2016
Chart saham BUMI tahun 2016

saham bumi pemilik
Kepemilikan saham BUMI tahun 2016

saham bumi rugi
Performa keuangan saham BUMI 2016

#Kenapa Harga Saham BUMI Turun Drastis Begitu?

Dari harga 8750 ke 50, sepertinya memang pantas disebut terjun bebas untuk menyebut penurunan harga saham BUMI. Meski kini mulai menunjukkan pendakian harga ke kisaran 300-an. Balah sempat menyentuh pada September 2017 lalu sempat dihargai diatas 500.

Banyak pihak meraba-raba, ada apakah gerangan bisa terjadi demikian? Orang awam mungkin mengira-ira bahwa ada maksud terselubung dibalik penurunan harga saham yang sangat curam itu. Tapi apapun yang ada di benak orang awam, manajemen perusahaan tentu bekerja keras untuk menjaga kinerja perusahaan.

Apabila melihat tren harga batubara beberapa tahun terakhir, maka akan muncul benang merah yang dapat menjadi titik terangnya. Para pengamat justru melihat akan tidak masuk akal apabila mengira ada  penyelewengan dana di perusahaan.


harga batubara saham bumi
Harga batubara tahun 2001-2016 
Saat isu-isu negatif dihembuskan untuk 'menghancurkan' harga saham BUMI, tentu saja pelaku pasar yang berpijak pada logika yang benar akan sulit terpengaruh. Menyangkut uang besar, misalnya, perusahan yang sudah go public perlu persetujuan RUPS untuk menggunakan uangnya. Tapi apabila menilik chart harga batubara diatas, tentu saja penurunan harganya dapat membuat investor keder juga.

#Harga Wajar Saham BUMI

Jumlah cadangan stok batubara miliki BUMI kini diperkirakan mencapai 3 miliar ton. Dengan hitungan harga batubara US$ 80 per metrik ton, maka ketemu angka sekitar US$ 240 milliar.

Silakan hitung harga wajarnya. Nilai market caps perusahaan BUMI sebesar Rp 19,74 triliyun, dibagi dengan jumlah saham beredar, yaitu 65,38 milliar. Maka akan didapat harga wajar saham BUMI sekitar Rp 300 per saham. Jadi, wajar saja jika saham BUMI mengalami kenaikan dari 50 ke harga saat ini yaitu kisaran 300-an.

Eksekutif Bumi Resources*

  • Presiden Komisaris: 
    1. Eddie Junianto Subari 
  • Komisaris :
    1. Nulinkant Amratal Rathod
    2. Jinping Ma
    3. Benjamin Bao
    4. Thomas M. Kearney
  • Komisaris Independen
    1. Anton Setiawan Soedarsono
    2. Kanaka Puradiredja
    3. Y.A. Didik Cahyanto
  • Presiden Direktur:
    1. Saptari Hoedjajam
  • Direktur :
    1. Andrew C Beckham
    2. RA Sri Dharmayanti
    3. Wayne Yao
    4. Haiyong Yu
    5. Xuefeng Ruan
  • Direktur Independen
    1. Dileep Srivastava 
*Effective 31 Januari 2018

Demikian sekilas informasi yang tentang Saham BUMI Saham Sejuta Umat kami himpun dari berbagai sumber. Mudah-mudahan berguna bagi anda.
Nama

AISA,1,AKRA,1,beton,1,Dasar,3,dasar-dasar saham,9,ekonomi global,1,fundamental,9,harga cpo,1,investasi,23,konstruksi,1,medc,1,migas,1,Minyak,1,Newbie,3,precast,1,saham,37,saham bumi,1,semen,1,teori dasar,2,trading saham,2,value investing,10,wsbp,1,
ltr
item
Yekti Sulistiyo: Saham BUMI Saham Sejuta Umat, Benarkah Demikian?
Saham BUMI Saham Sejuta Umat, Benarkah Demikian?
Saham BUMI merupakan saham perusahaan bidang batubara yang sangat terkenal di dunia. BUMI tumbuh pesat dibarengi dengan peningkatan produksi batubara yang begitu tinggi. Sebenarnya seperti apakah saham dari Bakrie Grup ini bisa sedemikian terkenal di seluruh dunia?
https://1.bp.blogspot.com/-JyqAMAB0mT8/WpKPYF48bLI/AAAAAAAAAzI/HUiGRo-0qe4AlGo0Qx-E4faFlwYU-0TlgCLcBGAs/s400/truk%2Btambang%2Bbatubara.PNG
https://1.bp.blogspot.com/-JyqAMAB0mT8/WpKPYF48bLI/AAAAAAAAAzI/HUiGRo-0qe4AlGo0Qx-E4faFlwYU-0TlgCLcBGAs/s72-c/truk%2Btambang%2Bbatubara.PNG
Yekti Sulistiyo
https://www.yekti-sulistiyo.com/2018/02/saham-bumi-sejuta-umat-benarkah.html
https://www.yekti-sulistiyo.com/
https://www.yekti-sulistiyo.com/
https://www.yekti-sulistiyo.com/2018/02/saham-bumi-sejuta-umat-benarkah.html
true
2137033282130323519
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy