Langsung ke konten utama

Saham WSBP Berpotensi Naik Tinggi Seperti WSKT?

waskita beton precast logo, wsbp, wskt
Logo PT Waskita Beton Precast Tbk.

Overview Pergerakan Harga Saham WSBP dari IPO sampai Maret 2018

PT Waskita Beton Precast Tbk dengan kode saham WSBP ini telah satu setengah tahun listing di Bursa Efek Indonesia (BEI). Ketika IPO, saham WSBP ini harganya 490 per lembar. Kini harga sahamnya 438 per lembar, harga masih lebih murah dibanding saat IPO dulu!

Analisa Teknikal Saham WSBP 

Seperti apa perjalanan harga saham dari anak perusahaan PT Waskita Karya Tbk ini? Mari kita lihat secara analisa teknikal saham WSBP, fokus pada chart! Meskipun kondisi saat ini dihargai 438 per lembar, atau lebih rendah dari IPO, sebenarnya pernah mencapai harga tertinggi di 645. Itu terjadi pada 31 Oktober 2016, yang pada hari itu ditutup di harga 620.

Chart saham WSBP sejak IPO
Chart 1 : saham WSBP sejak IPO sampai Maret 2018

Harga WSBP di awal 2018 

Sejak saat itu, saham yang mendominasi pasar precast ini mengalami fluktuasi yang sangat dinamis. Pada 11 Oktober 2017 lalu, harga saham WSBP turun ke titik terendahnya selama ini dengan menyentuh harga 336 per lembar. Namun sejak saat itu, harganya kembali bangkit sepanjang 2018 ini.

saham WSBP 2018
Chart 2 : saham WSBP akhir 2017 sampai  awal 2018

Bila melihat chart 2, terlihat ada 2 kali tren kenaikan dan 2 kali tren penurunan yang agak panjang. Sepanjang Februari harganya berada di kisaran 460 - 500. Lalu masuk bulan Maret 2018, terlihat ada sedikit tren penurunan.

Bagi para Swing Trader, atau strategi trading yang memanfaatkan volatilitas harga, tentu akan mampu meraih profit maksimal disini. Istilahnya, hanya membeli saat akan tren naik, dan hanya menjual hanya saat tren akan turun. Dengan menggunakan signal MA 12, 20 saja, para Swing Trader dapat memanfaatkan signal golden cross atau signal death cross untuk keputusannya.

Fundamental Perusahaan Waskita Beton Precast

Laporan Keuangan WSBP

Kinerja Keuangan WSBP
Kinerja Keuangan WSBP

Sejauh manakah bisnis PT Waskita Beton Precast Tbk itu berajalan hingga 2018 ini? Mari kita tinjau dari sisi analisa fundamental saham WSBP. Kita mulai dari jejaknya sepanjang 2017 lalu. Dari Annual Report WSBP yang telah diaudit, pendapatan usaha perusahaan mencapai Rp 7,1 triliyun dan laba bersih Rp 1 triliyun.

Angka tersebut jauh lebih baik dari tahun 2016 dan tahun 2015. Pendapatan usaha tahun 2016 sebesar Rp 4,7 triliyun dan profit hanya Rp 635 miliar. Tahun 2015 pendapatan usaha hanya Rp 2,6 triliyun dan profit Rp 334 miliar. Tentu ini menentukan earning per share saham WSBP.

Carry over dan target kontrak baru Waskita Beton Precast

Pencapaian sepanjang tahun 2017 itu mampu membangkitkan semangat kinerja perusahaan tahun 2018 ini. Berbagai berita positif turut mempengaruhi prospek saham WSBP 2018. Perlu dicatat, carry over kontak tahun 2017 tercatat Rp 13,6 triliyun dan target kontak baru Rp 11,5 triliyun.

Sehingga, kontrak tahun 2018 saham WSBP mencapai Rp 25,1 triliyun. Kabarnya, perseroan mematok target profit Rp 1,4 triliyun!

Kapasitas Plant Waskita Beton Precast

Dari tahun ke tahun kapasitas plant WSBP terus meningkat tajam. Kalau tahun 2015 kapasitasnya hanya 1,8 juta ton per tahun, tahun 2016 mencapai 2,6 juta ton per tahun. Sedangkan tahun 2017 lalu mencapai 3,2 juta ton. Tentu ini menjadi kabar positif bagi share holder yang mengempit sahamnya.

WSKT vs WTON

Saham WTON sebagai kompetitor, tahun 2018 ini kabarnya menargetkan kontrak total Rp 13 triliyun. Rinciannya dari carry over tahun lalu Rp 5,4 triliyun, ditambah target kontrak baru Rp 7,6 triliyun. Bila dibandingkan, Waskita Beton Precast mengerjakan kontrak sekitar dua kali lipat dari yang ditargetkan oleh kompetitornya, Wijaya Karya Beton alias WTON.

Secara kasar, analisa saham WSBP dan saham WTON memang sama-sama menarik. Meski bila harus memilih berdasarkan nilai pertumbuhan kontrak, maka sepertinya WSBP yang lebih baik.

Namun demikian, bila bicara harga saham, anda musti menambahkan variabel berikutnya, yaitu analisa teknikal untuk mencari momen yang tepat saat beli atau pun jual.


Saham WSKT menjadi cerminan saham WSBP, apakah bisa?

Saham WSKT pernah mencapai harga 3150. Ini terjadi pada 19 Februari 2018. Tentu kita masih ingat berapa pertama kali diperdagangkan. Ketika IPO, Waskita Karya yang kode sahamnya WSKT, juga menjadi induk WSBP, diperdagangkan di harga 380 per lembar.

Dari 380 ke 3150 ini setara 725%. Padahal ini rentang waktunya hanya dari Desember 2012 ke Februari 2018. Alamak!

saham WSKT
Chart saham WSKT 2012 - 2018

Apakah saham WSBP akan melambung seperti induknya, saham WSKT? Tak seorang pun mampu menjawabnya sekarang. Namun begitu, mari kita cermati baik-baik pertumbuhannya yang masif ini. Bila naik terus, mudah-mudahan anda juga sedang menyimpan sahamnya.

Tuah Pemerintah di sektor infrastruktur

Jangan lupa, proyek-proyek pemerintah terus digenjot di era pemerintahan Presiden Jokowi. Jelas ini tuah bagi perusahaan-perusahaan yang memiliki sektor infrastruktur maupun sektor terkait.

Demikian ulasan kami tentang Saham WSBP Berpotensi Naik Tinggi Seperti WSKT? Semoga bermanfaat. Bila berkenan, silakan share. Gratis.

Postingan populer dari blog ini

Pengertian Debt to Equity Ratio (DER)

Pengertian Debt to Equity Ratio (DER) - Debt to Equity Ratio (DER) adalah perhitungan rasio keuangan yang menunjukan perbandingan antara equity dan debt.

Satuannya sering disebutkan dalam persen (%) atau ‘kali’. Debt to Equity Ratio ini sering disebut leverage ratio karena dapat diasumsikan untuk mengukur keberhasilan investasi suatu perusahaan.

Secara teori, DER yang lebih dari 100% termasuk kurang baik. Semakin besar DER beban perusahaan semakin berat, sehingga dapat menghambat laju perusahaan.

Debt to Equity Ratio (DER) merupakan rasio keuangan utama dan menjadi indicator kesehatan keuangan perusahaan.

Kenapa DER Penting?DER merupakan ukuran perusahaan melunasi kewajiban atau liability. Apabila kewajibannya sangat besar, maka keuntungan yang masuk, boleh jadi akan tergerus dengan kewajiban yang wajib dibayarkan.  DER ini merupakan idikator utama ketika anda ingin mengetahui kesehatan keuangan perusahaan.Meningkatnya nilai DER dalam kurun waktu tertentu menandakan bahwa perusahaan …

Kisah Sukses Trading Saham Indonesia yang Menginspirasi

Sukses trading saham di Indonesia ini bisa dilakukan siapa saja dan dimana saja. Profesi apapun, tak menjadi batasan bagi yang ingin sukses di saham. Banyak kisah yang telah terjadi di beberapa tempat di Indonesia terkait sukses para trader saham ini.

Kisah-kisah tersebut barangkali saja dapat menjadi inspirasi bagi anda yang butuh motivasi terkait pemahaman tentang dunia pasar modal, terutama dunia tentang saham.

Kisah-kisah Sukses Investor yang Trading Saham Indonesia Kisah-kisah yang akan diulas disini, selain membicarakan keberhasilan para pelaku trading saham maupun pelaku investasi di pasar saham, juga membicarakan tentang upaya-upaya lebih baik dari pada kebanyakan orang di pasar modal Indonesia.

Semoga kisah-kisah yang disampaikan dapat mendorong minat anda yang membaca Tulisan ini ada untuk mencontoh cara-cara cerdas yang mereka lakukan.

Sukur-sukur di kemudia hari anda dapat melampaui pencapaian mereka saat ini. Saya percaya bahwa siapapun anda, tentu memiliki peluang untuk …

Rumus ROA (Return On Assets) dan Pengertiannya

Mengukur Efek ROA bagi Investasi Saham Rumus ROA (Return On Assets) ini menggambarkan keberhasilan manajemen sebuah perusahaan dalam menghasilkan return laba secara keseluruhan.

Caranya dengan membandingkan return laba sebelum pajak dengan total aset. Rumus ROA ini juga mengambarkan perputaran aset yang diukur dari volume penjualan.

Semakin besar hasil perhitungan menggunakan rumus ini pada suatu perusahaan, juga semakin besar pula tingkat keuntungan yang dicapai perusahaan tersebut.

Artinya semakin baik pula kinerja perusahaan tersebut dari penggunaan aset, baik itu asset yang berupa ekuitas maupun asset yang berupa liabilitas.


Sebaliknya, semakin kecil rasio perhitungan ini, dapat mengindikasikan kurangnya kemampuan manajemen perusahaan.

Maksudnya dalam hal mengelola assets perusahaan untuk meningkatkan earning, sekaligus menekan cost pengeluaran.

Hasil perhitungan rumus ini merupakan rasio yang menunjukkan kemampuan manajemen perusahaan dalam meningkatkan keuntungan perusahaan.

Dar…