Rumus ROI dalam Analisis Profitabilitas

Rumus ROI - Ada tiga rumus rasio yang sering dibicarakan dalam analisis profitabilitas, yaitu rumus ROI (Return On Investment), ROE (Return On Equity ), dan ROA (Return On Total Asset). Analisis profitabilitas ini mengukur kinerja

rumus roi, rumus roa, rumus roe, rumus eps, analisis profitabilitas, rasio profitabilitas

Rumus ROI dalam Analisis Profitabilitas - Ada tiga rumus rasio yang sering dibicarakan dalam analisis profitabilitas, yaitu rumus ROI (Return On Investment), ROE (Return On Equity ), dan ROA (Return On Total Asset).

Analisis profitabilitas ini mengukur kinerja secara keseluruhan perusahaan dan efisiensi dalam pengelolaan aktiva, kewajiban dan kekayaan.

Perbedaan ROI, ROE dan ROA


Perbedaan antara Return On Total Asset (ROA), Return On Investment (ROI) dan Return On Equity (ROE) memiliki karakteristik yang saling berkaitan.

Silakan baca Rumus ROA (Return On Assets) dan Pengertiannya dan Rumus ROE (Return on Equity) dan Pengertiannya pada postingan sebelumnya.

# ROA

Return On Total Asset (ROA) ini membicarakan tentang rasio yang merupakan perbandingan antara pendapatan bersih perusahaan (net income) dengan rata-rata aktiva (average asset).

Persentase rasio ini ditulis dalam rumus sebagai berikut :

ROA =(Net Profit Before Tax/ Average Asset)× 100%

Return On Investment (ROI) ini adalah rasio perbandingan antara pendapatan bersih (earning before interest & tax) dengan total aktiva (total asset).

# ROE

Return On Equity (ROE) merupakan upaya untuk melakukan pengukuran kemampuan perusahaan dengan modalnya sendiri.

Dengan modal sendiri ini, akan diketahui sampai sejauh mana perusahaan bekerja untuk menghasilkan laba.

Return On Equity (ROE) menggambarkan kemampuan perusahaan bekerja bagi pemegang saham. Persentase rumus ROE ini dinyatakan oleh rumus sebagai berikut :

ROE = (Net profit after tax / total equity) x 100%

Pengertian rumus ROI (Return On Investment)

Para ahli di bidang ekonomi yang menjelaskan tentang pengertian Return On Invesment (ROI). Mereka mengatakan bahwa :
“Return On Investmen (ROI) adalah pengukuran kemampuan perusahaan secara keseluruhan didalam menghasilkan keuntungan dengan jumlah keseluruhan aktiva yang tersedia diperusahaan.” 
Ada lagi yang menyebutkan bahwa :
“Return On Investment sama dengan laba bersih terhadap total aktiva. Rasio ini mencoba mengukur efektivitas sumber daya perusahaan. Uraian ini khususnya dapat diterapkan dalam mengukur kinerja masing-masing segment atau divisi dari suatu perusahaan.”

Berdasar dua pendapat ahli diatas, maka dapat disebutkan bahwa Return On Investment (ROI) lebih menunjukan seberapa banyak laba bersih yang bisa dihasilkan dari seluruh investasi atau pemanfaatan kekayaan yang dimiliki perusahaan.

Maka angka yang dipergunakan adalah angka laba setelah pajak, serta jumlah kekayaan perusahaan.

Analisis rumus ROI ini, mempunyai arti yang sangat penting dalam analisa profitabilitas. Hal ini karena ROI merupakan satu teknik analisis yang bersifat comprehensive.

Analisis rasio Return On Investment umum digunakan untuk mengukur tingkat efektivitas dari keseluruhan operasi perusahaan.

Return On Investment juga menjadi salah satu dari rasio profitabilitas yang mampu mengukur kemampuan perusahaan memperoleh laba dengan keseluruhan investasi yang ditanamkan dalam total asset perusahaan.

# ROI 

Besarnya nilai Return On Investment (ROI) dapat dihitung berdasarkan rumus ROI sebagai berikut : 

ROI = (Net Profit After Tax/total asset) x 100%

Return On Total Asset (ROA) dan Return On Investment (ROI), keduanya menunjukkan kemampuan perusahaan menghasilkan laba dari aktiva yang digunakan.

Tapi ada perbedaan antara ROI dan ROA.  

Perbedaan tersebut, pada ROA, kemampuan rata-rata aset dalam menghasilkan keuntungan yang menjadi titik utama. 
Sementara ROI, lebih dipergunakan untuk menghitung kemampuan seluruh asset perusahaan dalam pencapaian keuntungan, sekaligus mengukur kemampuan perusahaan dalam tingkat keuntungan investasi. 
Lalu Return On Equity (ROE) merupakan keuntungan atas ekuitas yang dimiliki oleh para pemegang saham atau pemilik saham.

Investor yang potensial bijak selalu menganalisis dan dengan cermat kelancaran usaha perusahaan dan juga kemampuan perusahaan dalam mendapatkan laba keuntungan.

Investor tentu saja mengharapkan hasil yang masuk akal dari investasinya.

Demikian postingan tentang Rumus ROI dalam Analisis Profitabilitas. Ternyata rumus ROI erat kaitannya rengan rumus ROE dan ROA.

Jadi silakan dicermati agar anda dapat menganalisa secara objektif perusahaan mana yang sedang anda bidik sahamnya.

Salam
www.yekti-sulistiyo.com
Nama

AISA,1,AKRA,1,beton,1,Dasar,3,dasar-dasar saham,9,ekonomi global,1,fundamental,9,harga cpo,1,investasi,23,konstruksi,1,medc,1,migas,1,Minyak,1,Newbie,3,precast,1,saham,37,saham bumi,1,semen,1,teori dasar,2,trading saham,2,value investing,10,wsbp,1,
ltr
item
Yekti Sulistiyo: Rumus ROI dalam Analisis Profitabilitas
Rumus ROI dalam Analisis Profitabilitas
Rumus ROI - Ada tiga rumus rasio yang sering dibicarakan dalam analisis profitabilitas, yaitu rumus ROI (Return On Investment), ROE (Return On Equity ), dan ROA (Return On Total Asset). Analisis profitabilitas ini mengukur kinerja
https://1.bp.blogspot.com/-CVbT8sPKRJI/W2RK9JuF0eI/AAAAAAAABcM/XNHdeso8nzEYQvfXFGqcKYe89II3KaZYQCLcBGAs/s640/rumus-roi.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-CVbT8sPKRJI/W2RK9JuF0eI/AAAAAAAABcM/XNHdeso8nzEYQvfXFGqcKYe89II3KaZYQCLcBGAs/s72-c/rumus-roi.jpg
Yekti Sulistiyo
https://www.yekti-sulistiyo.com/2018/08/rumus-roi-dalam-analisis-profitabilitas.html
https://www.yekti-sulistiyo.com/
https://www.yekti-sulistiyo.com/
https://www.yekti-sulistiyo.com/2018/08/rumus-roi-dalam-analisis-profitabilitas.html
true
2137033282130323519
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy